Tips Menggunakan Layanan Paylater dengan Tepat

Tips Menggunakan Layanan Paylater dengan Tepat

Tips menggunakan layanan paylater menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Sekarang ini Paylater memang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat untuk melakukan transaksi.

Paylater bukan hanya praktis, namun syarat pembuatannya juga begitu mudah. Bayangkan saja, pengguna hanya perlu memiliki KTP, koneksi internet dan smartphone. Meskipun memberikan kelebihan, namun fitur Paylater ini juga berbahaya.

Tentu saja salah satu risiko bahaya dari Paylater adalah menimbulkan kecanduan. Menggunakan Paylater harus dilakukan dengan cermat. Konsumen harus menyadari jika kemudahan dan kepraktisan dari uang ini bukan miliknya.

Selain itu penggunaan Paylater juga dikenakan bunga, jika semakin pendek jangkanya, bunga juga menjadi semakin sedikit.

Kesalahan Menggunakan Layanan Paylater yang Harus Dihindari

Meskipun Paylater menjadi salah satu alat pembayaran yang menguntungkan, namun ada berbagai kesalahan yang sering dilakukan pengguna Paylater ini, seperti:

1. Tidak membandingkan dengan baik

Perusahaan yang menyediakan fasilitas Paylater sekarang ini sangat banyak. Tentu saja ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri, Anda bisa lebih leluasa menemukan produk terbaik dan paling menguntungkan.

Hal ini hanya dapat dinikmati jika dari awal Anda memilih Paylater dengan tepat serta menggunakan layanan paylater sesuai kebutuhan. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah terburu-buru memilih dan tidak melakukan perbandingan dengan baik.

👉 Trending :  Cara Cek Spesifikasi HP Android dengan Mudah dan Cepat

2. Menganggap seluruh syarat pengajuan sama

Beda perusahaan tentu saja aturan yang diberlakukan juga akan berbeda. Setiap perusahaan pada dasarnya menyediakan fasilitas pembayaran dengan kebijakan yang berbeda-beda. Beberapa perusahaan biasanya mewajibkan slip gaji.

Namun ada juga perusahaan yang tidak memberikan persyaratan ini. Sebenarnya, kelengkapan syarat ini bisa mempengaruhi tingkat persetujuan pengajuan aplikasi. Jika semakin lengkap, peluang disetujui menjadi semakin besar.

3. Tidak peduli dengan kemampuan bayar

Ketika mengajukan Paylater, Anda harus memahami jika fasilitas ini nantinya akan memberi kesempatan untuk berhutang. Sehingga idealnya sebelum mengajukannya, Anda sudah menghitung besarnya kemampuan bayar.

Limit belanja Paylater bisa saja besar bahkan bisa melebihi batas kemampuan kebutuhan yang Anda miliki. Ini bisa menjadi sebuah masalah bila Anda tidak bijak dalam penggunaannya.

Menggunakan Paylater yang tidak direncanakan dengan baik bisa menimbulkan nilai hutang besar dalam keuangan Anda.

4. Menggunakan Paylater untuk hal-hal konsumtif

Menggunakan Paylater untuk hal-hal yang berbau konsumtif merupakan sebuah kesalahan yang harus dihindari. Jika terus menerus menajdi kebiasaan, ini bukan menjadi hutang berjumlah kecil, namun dengan jumlah besar bahkan dapat membebani.

Tips Menggunakan Paylater yang Bisa Diikuti

Agar tidak kecanduan terus menerus menggunakan Paylater, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti:

1. Gunakan pada satu aplikasi saja

Paylater sekarang ini banyak ditawarkan di berbagai aplikasi. Namun, akan lebih baik menggunakan Paylater hanya pada satu aplikasi. Ini bertujuan agar Anda bisa mengendalikan jumlah hutang tagihan Paylater.

Jangan sampai Anda mantap membayar tagihan di aplikasi X, namun Anda tidak mengalokasikan untuk membayar tagihan di aplikasi lain.

2. Gunakan Paylater untuk membeli barang yang diperlukan

Mudahnya menggunakan Paylater memang bisa menimbulkan perilaku impulsive yakni melakukan tindakan tanpa memikirkan akibat yang dilakukan.

👉 Trending :  Cara Memilih Perangkat Lunak Sesuai Kebutuhan

Contoh mudahnya seperti membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Oleh sebab itu gunakan Paylater dalam membeli barang yang memang Anda perlukan dengan jangka cicilan 3 bulan saja.

3. Menggunakan Paylater ketika sudah lunas

Agar bisa mencegah kecanduan dalam menggunakan Paylater, usahakan menggunakan Paylater ketika hutang sudah lunas. Contohnya ketika tagihan yang Anda miliki sudah Rp 0.

Hal ini dilakukan agar Anda tidak terjebak dalam tunggakan hutang ketika mencicilnya. Hindari membeli barang dengan menggunakan Paylater kembali ketika hutang aktif belum lunas.

4. Pilih pembayaran dengan menggunakan COD untuk barang tertentu

Menggunakan Paylater untuk membayar seluruh belanjaan merupakan hal yang harus dihindari. Lebih baik, Anda menggunakan Paylater dalam membeli barang yang memang diperlukan.

Sedangkan untuk barang-barang tertentu, Anda bisa membayar dengan menggunakan metode COD. Membayar dengan metode COD membuat kita merasa mengeluarkan uang sehingga bisa lebih mengeremnya. Bila berhasil menerapkan kiat ini, Anda tidak akan lagi kecanduan menggunakan Paylater.

Jika ingin menggunakan fasilitas Paylater, pastikan kembali memilih produk dengan bijak serta berbagai macam pertimbangan dengan matang. Pelajari tips menggunakan layanan paylater di atas dengan tepat sebelum menggunakannya.