Tanda Seseorang Pintar Mengatur Keuangan, Anda Termasuk

Tanda Seseorang Pintar Mengatur Keuangan

Pintar mengatur keuangan tentu saja menjadi hal yang diinginkan oleh semua orang. Memang, jika hanya melihatnya secara sekilas, mengatur keuangan bisa terlihat mudah, namun ternyata praktik yang kedepannya begitu sulit.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang serba kekurangan di akhir bulan padahal memiliki penghasilan yang besar. Karena tidak mampunyai mengelola rupiah yang dihasilkan, masalah keuangan terus menerus dihadapi.

Bahkan, orang-orang ini menganggap dirinya miskin, padahal sebenarnya memiliki banyak uang. Jika Anda cerdas dalam mengelola keuangan, tentu termasuk orang yang beruntung. Dengan cerdas mengelola uang, hidup menjadi lebih nyaman.

Tanda Seseorang Pintar Mengatur Keuangan

Ada beberapa hal yang menandakan jika seseorang cerdas dalam mengelola keuangan yang dimilikinya. Berikut ini tanda yang perlu dipahami:

1. Paham perbedaan kebutuhan serta keinginan

Hal pertama yang menandakan seseorang cerdas dalam mengelola keuangan adalah mengetahui perbedaan antara kebutuhan serta keinginan. Dengan mengetahui perbedaan serta keinginan, Anda akan lebih bijak.

Tentu saja Anda bisa semakin bijak untuk mengelola penghasilan. Anda akan mengutamakan kebutuhan yang memiliki sifat wajib dan tidak dapat ditunda, beda dengan keinginan.

Contohnya saja seperti makan dan membeli baju. Ketika harus memilih makan atau membeli baju, tentu Anda akan memilih makan bukan.

2. Memiliki tabungan dengan jumlah cukup

Tanda seseorang pintar mengatur keuangan yang lainnya adalah memiliki tabungan dengan jumlah yang cukup. Mengapa bisa demikian, tabungan merupakan pos pengeluaran yang sangat penting di dalam keuangan.

👉 Trending :  Cara Cek Spesifikasi HP Android dengan Mudah dan Cepat

Anda bisa mengetahui dengan baik berapa jumlah uang yang harus disisihkan setiap bulannya sebagai anggaran tabungan. Jumlah idealnya sebesar 10 persen dari besarnya gaji atau penghasilan.

Menabung sendiri memiliki tujuan persiapan keuangan masa depan contohnya untuk DP rumah, dana darurat, dan yang lain. Tentu disiplin menabung akan menjadi sebuah kebiasaan yang bagus.

3. Bisa melakukan investasi

Selain bisa menabung, mereka yang ahli untuk mengatur keuangan juga dapat berinvestasi. Dapat berinvestasi bisa memutus rantai generasi sandwich sehingga nantinya Anda tidak akan menjadi beban anak cucu.

Anda juga mengalokasikan budget investasi dari penghasilan bulanan, besarnya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial. Investasi pda instrument apa saja sesuai dengan profil risiko yang dimiliki.

4. Memiliki perlindungan asuransi

Orang yang ahli mengatur keuangan tentu akan berpikir memiliki asuransi. Asuransi menjadi hal yang sangat penting karena menjadi sebuah perlindungan atas risiko hidup seperti kematian, bencana alam kesehatan dan lainnya.

Ketika memiliki asuransi, kerugian finansial yang bisa timbul akan dicover oleh asuransi. Selain itu asset kekayaan dan harta benda yang dimiliki menjadi tetap aman.

Jika bisa dikatakan, asuransi seperti sebuah investasi yang nantinya bisa menjamin kebutuhan di masa mendatang.

5. Mampu membayar cicilan

Karena bisa mengatur keuangan dengan cerdas, tentu saja bisa terbebas dari hutang. Bahkan, meskipun memiliki cicilan, mereka yang cerdas dalam mengelola keuangan bisa membayarnya dengan mudah karena terdapat alokasi untuk pembayaran hutang.

Idealya, hutang hanya 30 persen dari gaji setiap bulan. Sehingga jika gaji Rp 10 juta perbulan, harus langsung dialokasikan untuk pembayaran utang. Pembayarannya juga harus tepat waktu sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

👉 Trending :  Tips Cara Memilih Komputer Desktop, Tips Membeli Komputer Desktop

6. Anggaran belanja tidak pernah kurang

Tidak perlu menetapkan anggaran belanja dalam jumlah besar agar cukup agar bisa menutupi kebutuhan selama 1 bulan lamanya. Dengan anggaran yang kecil, mereka yang ahli untuk mengatur keuangan bisa bertahan hidup.

Hal ini dikarenakan mereka yang ahli dalam mengatur keuangan biasanya sudah membuat perencanaan keuangan dengan baik sebelum berbelanja.

Jika Anda sudah menyusun daftar belanja yang diperlukan serta patuh dengan rencana yang telah dibuat, tentu tidak akan ada barang yang dibeli di luar dari rencana anggaran dan membuat anggaran menjadi membengkak.

7. Pengeluaran menjadi stabil

Jika dari segi pengeluaran, mereka yang ahli untuk mengatur keuangan tentu mempunyai jumlah pengeluaran yang relative stabil. Angka yang dimiliki mungkin tidak sama, tetapi tidak berbeda jauh dengan bulan sebelumnya.

Kestabilan ini terwujud karena memiliki teknik pengontrolan diri sehingga bisa mengontrol diri secara maksimal.

Pada awal mengatur keuangan, mungkin Anda akan sulit untuk membiasakan diri. Namun dengan membiasakan diri, pintar mengatur keuangan bukan menjadi sebuah impian.