Cara Backup Data di Aplikasi Arkas Terbaru

Cara Backup Data di Aplikasi Arkas Terbaru

Aplikasi yang dikenal dengan nama ARKAS ini telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk digunakan secara resmi di tingkat nasional.

Aplikasi ARKAS wajib digunakan oleh seluruh lembaga pendidikan yang bergerak di bidang akuntansi manajemen keuangan penerima dana operasional sekolah (BOS). Versi terbaru dari aplikasi ini, nomor 3.3, telah tersedia untuk diunduh.

Aplikasi ARKAS merupakan aplikasi lokal yang memiliki beberapa komponen yang dihosting secara online. Anda tidak perlu khawatir tentang persyaratan untuk internet. Karena ARKAS hanya membutuhkan akses internet pada saat proses sinkronisasi dan validasi, maka untuk menggunakannya cukup mudah.

Registrasi sebelum backup Arkas terbaru

ARKAS didirikan untuk membantu sekolah dalam melaksanakan administrasi penyelesaian Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) serta pertanggungjawaban uang Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hal ini dilakukan agar ARKAS dapat lebih memenuhi tujuan yang telah ditetapkan.

Sedangkan aplikasi ARKAS dapat digunakan untuk mengelola berbagai sumber pendanaan, antara lain BOS normal, BOS daerah, BOS Kinerja, dan SILPA, antara lain juga disertakan sumber pendanaan lainnya.

Sebelum memanfaatkan aplikasi ARKAS untuk pengelolaan sumber keuangan BOS. Menginstal aplikasi ARKAS dan mendaftar untuk itu adalah prasyarat untuk sekolah Anda. Kode aktivasi untuk ARKAS dapat diperoleh dari Dinas Pendidikan di komunitas Anda.

Cara backup arkas 3.3 2022

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti kesalahan yang terjadi pada laptop atau pada program ARKAS.

Oleh karena itu, dalam kapasitasnya sebagai operator sekolah, mereka wajib berinisiatif untuk membackup data ARKAS mereka.

👉 Trending :  Cara Mengatasi ARKAS Gagal Registrasi Ulang

Ini akan memungkinkan mereka untuk menghindari keharusan memasukkan kembali informasi yang sama di masa mendatang, yang akan menghemat waktu dan tenaga mereka.

Ini karena operator sekolah bertanggung jawab untuk banyak pekerjaan selain ARKAS, termasuk hal-hal seperti Dapodik, Verval Data Siswa, Verval PTK, dan banyak lainnya.

Cara backup Arkas terbaru

Setelah proses pengelolaan dana BOS selesai, pengguna atau operator BOS diwajibkan untuk membuat backup database secara berkala.

1. Sebelum pengesahan RKAS
2. Sesaat sebelum buku BKU untuk bulan tersebut ditutup

Berikut Cara Backup Database Arkas

Cara Backup Data di Aplikasi Arkas Terbaru

Langkah pertama dengan mengetik %APPDATA% di search window kemudian tekan Enter. Maka akan terlihat seperti gambar di atas.

Langkah berikutnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Cara Backup Data di Aplikasi Arkas Terbaru

Anda akan menemukan folder ARKAS setelah membuka folder ArtTech;

Silahkan buka folder ARKAS, lalu cek database ARKAS di dalam folder (file database).

  • Pilih folder ArtTech
  • Klik folder ARKAS
  • Cari file yang bernama RKASClient…..
  • Copy database tersebut dan simpan ke Local Disk D:\
  • Beri nama sesuai dengan tanggal.

Cara Backup Data di Aplikasi Arkas Terbaru

Untuk mendapatkan informasi Arkas jika ada pembaruan dari pusat bisa anda download dibawah ini.

DOWNLOAD NOW

Demikian tutorial singkat Cara Backup Database ARKAS untuk antisipasi terjadinya hal yang tak di inginkan.