Jauhi 10 Aplikasi Android Palsu Ini, Telah Banyak Merugikan Pengguna

Jauhi 10 Aplikasi Android Palsu Ini, Telah Banyak Merugikan Pengguna

Malware adalah perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer. Berbagai jenis malware ada, termasuk virus komputer, cacing komputer, kuda troya, perangkat pemeras, perangkat pengintai, perangkat lunak beriklan, perangkat lunak jahat, dan scareware.

Jauhi 10 aplikasi sekarang juga, diam-diam telah merugikan ratusan ribu pengguna. Cek HP Anda, berikut daftar Jauhi 10 Aplikasi Android Palsu Ini, Telah Banyak Merugikan Pengguna.

Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan di dunia maya dan internet sepertinya tidak semudah itu. Bahkan sesuatu yang kita pikir aman saat diakses lewat internet, mungkin saja tidak seratus persen aman.

Sama halnya dengan temuan beberapa aplikasi Android yang justru menipu ratusan penggunanya. Bahkan beberapa aplikasi ini cenderung telah membahayakan penggunanya, mulai dari mencuri data pribadi, hingga tabungan pengguna melalui akun perbankan yang terpasang di HP.

Ini adalah kerjaan oknum yang tidak bertanggungjawab dengan memasang malware di beberapa aplikasi Android palsu. Dengan alih-alih memasang aplikasi karena fungsinya yang meringankan pengguna.

Ternyata justru berujung kepada data pribadi hingga tabungan pengguna yang menjadi ancaman.

Mengutip dari Phone Arena (22/03/2022), pakar keamanan siber Doctor Web dan situs Bleeping Computer melaporkan temuannya atas aplikasi yang berbahaya ini. Diketahui aplikasi Android yang berbahaya ini diciptakan oleh perusahaan palsu atas nama “Tsaregorotseva”.

Perusahaan palsu ini telah merilis aplikasi Android melalui Google PlayStore dengan nama Top navigation dan Advice Photo Power. Mirisnya lagi, aplikasi tersebut telah dipasang mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu pengguna di seluruh dunia.

Dengan kata lain, ratusan ribu penggunanya mungkin telah menjadi korban dari aplikasi Android palsu ini. Berkedok sebagai aplikasi versi Google Map yang dapat menunjukkan lokasi dan aplikasi edit foto, ratusan ribu penggunanya ini termakan taktik penipuan dan iklan palsu.

👉 Trending :  Cara Menjadi Youtuber Pemula Sukses

Aplikasi tersebut menggunakan nama yang mungkin diincar oleh pengguna karena fitur-fitur yang mereka cari. Setelah itu, aplikasi akan bertindak secara diam-diam membuat penggunanya berlangganan layanan palsu tanpa sepengetahuan dari rekening bank setiap minggu.

 

Cara Cepat dan Mudah Menyembunyikan Status Online di Instagram

Menurut peneliti dari Dr. Web, tidak hanya satu atau dua aplikasi berbahaya yang ditemukan di GooglePlay bulan Januari lalu. Aplikasi berbahaya itu mengancam penggunanya tidak hanya mengambil uang penggunanya secara diam-diam. Tetapi juga mencuri informasi pribadi, kata sandi atau password, nomor telepon, dan bahkan akun Facebook.

Segera cek HP Anda, apakah ada aplikasi yang berbahaya ini.

Daftar 10 Aplikasi Android berbahaya yang wajib diihapus:

1. Up Your Mobile
2. Morph Faces
3. Power Photo Studio
4. Launcher iOS 15
5. Adorn Photo Pro
6. Chain Reaction
7. TOH
8. Invest Gaz Incomes
9. Gazprom Invest
10. Gaz Investor

Mulai saat ini, perlunya hati-hati saat memasang aplikasi agar supaya terhindar dari ancaman-ancaman yang disebutkan sebelumnya. Bila Anda hendak download aplikasi, simak dulu review dan rating pengguna serta pastikan juga aplikasi tersebut berasal dari developer terpercaya.