Cara Membuat Video Pembelajaran yang Interaktif dengan PowerPoint

Pengumuman SNMPTN 2022 Kapan dan Lihat Dimana | Cek Sekarang!

Pengumuman SNMPTN 2022 jam berapa? Tanggal berapakah hasil seleksi SNMPTN terbaru diumumkan?

Terkait pertanyaan ini, LTMPT mengumumkan dalam laman atau web resminya bahwa Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2022 akan disampaikan pada 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

“Hasil seleksi SNMPTN 2021. Dibuka Tanggal 29 Maret 2022 08:00 UTC (15.00 WIB),” demikian tertulis dalam laman tersebut. Sebelumnya, jadwal pendaftaran SNMPTN 2022 sendiri ditutup pada 28 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Link Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2022

Link utama Pengumuman SNMPTN 2022 bisa diakses melalui https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

Jika link tersebut dibuka, saat ini sudah ada jam yang menunjukkan hitung mundur menuju tanggal pengumuman.

Jika melihat cara tahun lalu, peserta bisa mengecek pengumuman SNMPTN dengan menggunakan tanggal lahir dan nomor peserta SNMPTN atau login di portal LTMPT.

Jika situs web tersebut error atau tidak bisa dibuka pada hari H, peserta SNMPTN biasanya masih punya kesempatan untuk mengecek hasil SNMPTN melalui laman alternatif lainnya yang akan disediakan pada hari H.

 

Siswa Lolos SNMPTN Tidak Bisa Daftar SBMPTN

Sekolah bisa masuk blacklist atau daftar hitam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jika siswa-siswinya yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak melakukan daftar ulang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mochamad Ashari, dalam konferensi pers “Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022” di Jakarta pada 04 Januari 2022, yang juga disiarkan secara live streaming oleh YouTube LTMPT yang bisa Anda simak selengkapnya disini.

👉 Trending :  Berikut Soal UTS Matematika Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Ashari mengatakan, terdapat risiko yang akan ditanggung sekolah jika siswa-siswinya tidak segera melakukan daftar ulang setelah ditetapkan diterima di SNMPTN 2022. Konsekuensi tersebut adalah masuk daftar hitam yang diberikan oleh PTN.

“Karena rasio diterima SNMPTN 20 persen, kalau sudah diterima tidak dimasuki eman [sayang]. Persaingan mengalahkan berapa ribu orang? Berikutnya ada PTN yang melakukan blacklist. Bukan instruksi LTMPT. PTN ada yang melakukan itu, tetapi tidak semua,” kata Ashari.

Pengumuman SNMPTN 2022 Kapan dan Lihat Dimana Cek Sekarang!

Untuk menghindari hal tersebut, Ashari mengajak sekolah untuk memberikan pengertian kepada siswa-siswinya: pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat. Selain daripada itu, PTN juga bingung mengisi kekosongan jika ada siswa-siswi yang tidak daftar ulang setelah dinyatakan lolos SNMPTN 2022 ini.

“Blacklist memang ada sebagian PTN yang melakukan. Untuk tidak di-blacklist, sekolah mari bersama-sama ikut memberikan pengertian pada siswanya. Bahwa agar supaya tidak kena sanksi pinalti seperti itu maka pilih jurusan yang diminati siswa,” kata pria yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Ashari juga mengingatkan bahwa siswa yang lolos SNMPTN tidak diperkenankan mendaftar lagi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sistem akan menolak. Sedangkan, aturan lainnya masih sama seperti tahun lalu.

“Untuk yang sudah dinyatakan lolos SNMPTN tidak boleh mendaftar di SBMPTN, yang tidak lolos enggak apa-apa, yang lolos tidak dapat mendaftar UTBK SBMPTN,” kata Ashari.