Cara Cek Spesifikasi HP Android dengan Mudah dan Cepat
Cara Cek Spesifikasi HP Android dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Spesifikasi HP Android dengan Mudah dan Cepat

VashaTech.com – Bagainana Cara Cek Spesifikasi HP Android Smartphone alias ponsel cerdas yang dirilis secara terus meningkat. Hal ini disertai dengan peningkatan kualitas dan spesifikasi ponsel.

Sangat penting untuk memahami karakteristik ponsel Anda agar aplikasi dapat bekerja secara efisien. Cukup mudah untuk memverifikasi karakteristik ponsel Android. Ini dapat dilakukan dengan atau tanpa menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Hampir semua aplikasi, termasuk WhatsApp dan Zoom, mengalami perubahan atau pembaruan. Untuk WhatsApp, misalnya, akan berhenti kompatibel dengan smartphone yang menjalankan Android OS 4.1 atau lebih lama pada 21 November 2021.

Samsung Galaxy Trend Lite, Galaxy Core, Galaxy Ace 2, LG Lucid 2, LG Optimus F7, dan Sony Xperia Miro termasuk di antara perangkat yang sudah tidak bisa digunakan lagi.

Zoom, di sisi lain, mungkin kompatibel dengan perangkat Anda. Namun, fungsi tertentu, seperti latar belakang virtual atau latar belakang layar, tidak dapat diakses. Terlepas dari kenyataan bahwa fitur ini dapat membantu memastikan privasi pengguna saat berada di ruangan tertentu.

Zoom telah menetapkan spesifikasi minimal untuk fitur latar belakang virtual, termasuk sistem Android 8.0, CPU ponsel cerdas dengan setidaknya ARM 64 dan 8 inti, dan RAM minimal 3 GB.

Cara mengetahui spesifikasi hp yang bagus

1. Verifikasi spesifikasi pada kemasan ponsel Anda

Memang, spesifikasi yang tercetak pada kemasan smartphone tidak lengkap. Namun, itu berisi informasi penting untuk pengoperasian program dan aktivitas pengguna sehari-hari.

👉 Trending :  Cara Download GB Whatsapp Pro Anti Ribet

Umumnya versi Android, kapasitas RAM, kapasitas ROM (penyimpanan), CPU, tipe layar, kapasitas baterai, dan kamera semuanya ditampilkan di buku panduan ponsel.

2. Konfigurasi HP

Jika Anda lupa menyimpan kotak ponsel, Anda bisa mendapatkan detail ponsel melalui menu pengaturan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Arahkan ke menu “pengaturan” atau “pengaturan”.
  • Gulir ke bawah layar ke “Tentang ponsel” atau “Tentang ponsel”, lalu klik opsi tersebut.
  • Ini akan mencakup informasi tentang model ponsel cerdas, nomor IMEI, status, status hukum, versi perangkat lunak, dan masa pakai baterai.
  • Klik “Detail perangkat lunak” untuk mendapatkan spesifikasi versi Android.

3. Lakukan pencarian di internet

Pendekatan paling sederhana dan tercepat untuk menentukan karakteristik ponsel Anda adalah dengan melakukan pencarian di internet.

Anda dapat memverifikasi ini di situs web resmi perangkat. Namun, karena beberapa ponsel cerdas mengaktifkan pembaruan versi Android otomatis, data yang Anda terima dapat berubah.

4. Penggunaan nomor IMEI

International Mobile Equipment Identity, atau IMEI, adalah pengidentifikasi unik untuk ponsel. Setiap perangkat, baik Android atau iOS, memiliki IMEI yang unik.

Ada dua cara untuk mendapatkan nomor IMEI. Cara pertama adalah masuk ke menu telepon, ketik *#06#, lalu tekan panggil. Setelah itu, nomor IMEI untuk ponsel cerdas Anda akan terungkap.

Cara kedua adalah mengaksesnya melalui menu pengaturan HP. Arahkan ke “Pengaturan,” lalu gulir ke bawah layar hingga opsi “Tentang ponsel” ditampilkan. Ini akan menunjukkan nomor IMEI yang terkait dengan setiap slot SIM.

Setelah itu, salin nomor IMEI dan kunjungi situs web imei.info untuk memverifikasinya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka browser google crome, ketikan imei.info.
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan nomor IMEI.
  • Cukup klik ikon verifikasi captcha dan ikuti petunjuk di layar.
  • “Periksa” harus diklik. Spesifikasi lengkap perangkat Anda akan ditampilkan.
👉 Trending :  5 Cara Menghemat Data Internet HP Android dengan Mudah

5. Memanfaatkan aplikasi pihak ketiga

CPU-Z adalah alat populer untuk memverifikasi karakteristik smartphone Anda.

Untuk mengaksesnya, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dari Google PlayStore. Setelah terinstal, buka aplikasi dan arahkan ke menu yang tersedia untuk melihat spesifikasi lengkap perangkat, seperti SOC, Sistem, Baterai, atau Perangkat.

Anda dapat menggunakan salah satu dari lima metode tersebut untuk cara melihat spesifikasi pada android guna menentukan kemampuan perangkat dan kapasitas dukungan untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda jauh lebih baik.