4 Langkah yang Tepat untuk Membuat Klaim Asuransi

Jika Anda tidak beruntung karena mengalami kecelakaan atau kerugian dan kesalahan tersebut bukan milik Anda, Anda berhak mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi. 

Mengklaim kerugian adalah proses yang mudah asalkan Anda dapat memberikan laporan kerusakan yang akurat dan tanda terima atau faktur yang relevan untuk mendukung klaim kompensasi. 

4 Langkah untuk Membuat Klaim Asuransi

Berikut beberapa langkah yang terlibat dalam proses pengajuan klaim:

Atasi masalah segera

Jika mengajukan klaim untuk properti atau sejenisnya yang mengalami kerusakan, penting untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindunginya dari kerusakan lebih lanjut. 

Misalnya, jika sebuah rumah mengalami pipa pecah atau banjir parah, pastikan untuk menghubungi tukang ledeng darurat sebagai tindakan pertama. 

Dalam kebanyakan situasi, perusahaan asuransi akan mengganti biaya ini di kemudian hari asalkan memungkinkan untuk memberikan salinan tanda terima untuk pekerjaan yang telah diselesaikan.

Lakukan kontak dengan perusahaan asuransi

Hubungi saluran bantuan klaim perusahaan asuransi dan kirimkan rincian klaim potensial dan mintalah panduan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. 

Pastikan untuk memberikan laporan yang jelas dan rinci tentang kerugian dan tunjukkan pekerjaan apa yang diperlukan untuk menghindari masalah di masa depan. 

Sebelum meminta tukang bangunan, tukang listrik, tukang ledeng, dll untuk mulai mengerjakan perbaikan, perlu terlebih dahulu mendapatkan lampu hijau dari perusahaan asuransi.

Foto atau rekaman video

Langkah penting untuk membantu menggambarkan kerusakan properti pribadi berasal dari pengambilan banyak foto atau rekaman video. Hal ini pasti akan membantu dalam memberikan bukti pendukung saat mengajukan klaim atas kerugian besar atau kompleks.

Penilaian kerusakan

Jika ingin mengajukan klaim atas kerugian yang signifikan, perusahaan asuransi mungkin ingin mengirimkan perwakilan untuk memeriksa sendiri kerusakan tersebut. 

Pengatur kerugian ini kemungkinan besar akan melakukan kunjungan dalam waktu 24 jam sejak klaim yang diberitahukan. 

Perusahaan asuransi akan memberi tahu Anda saat membuat pemberitahuan klaim awal apakah perlu menunggu adjuster kerugian untuk memeriksa properti yang rusak. 

Jika penyetel yang hilang berencana mengunjungi lokasi, biarkan apa yang Anda bisa dalam keadaan aslinya untuk menunjukkan tingkat kerusakan sepenuhnya.

Secara keseluruhan, dengan mengambil tindakan yang tepat pada saat mengalami kecelakaan atau kerugian, Anda pasti berada dalam posisi yang lebih baik untuk membuat klaim yang berhasil dengan perusahaan asuransi.

Subscribe to receive free email updates: