7 Buah yang Boleh di Konsumsi Penderita Diabetes

Ada banyak sekali buah-buahan sehat yang tidak meningkatkan kadar gula darah, dan buah-buahan ini benar-benar bisa dikatakan sebagai buah terbaik untuk penderita diabetes.

Ciri-ciri buah sehat untuk penderita diabetes

7 Buah yang Boleh di Konsumsi Penderita Diabetes

Dengan mengonsumsi buah-buahan sehat diabetes bisa dikontrol. Buah-buahan yang memiliki dua ciri penting ini dianggap sebagai buah yang paling bermanfaat dan menyehatkan bagi penderita diabetes:

1. Indeks Glikemik Rendah

Buah dengan indeks glikemik rendah (GI) baik untuk penderita tipe-2 atau pra-diabetes. Indeks Glikemik (GI) adalah skala (0-100) yang digunakan untuk menentukan seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat akan dicerna menjadi glukosa dalam darah kita. 

Buah indeks glikemik tinggi rusak dengan cepat sedangkan buah indeks glikemik rendah rusak perlahan dan menghasilkan sedikit perubahan dalam glukosa darah dan kadar insulin. Buah dengan indeks glikemik rendah melepaskan glukosa perlahan ke dalam darah yang menghindari kenaikan kadar gula darah secara tiba-tiba. Ini merupakan faktor penting dalam manajemen diabetes.

2. Kandungan Serat Tinggi

Buah yang sangat kaya serat adalah buah yang baik untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Serat yang ada dalam buah ini memperlambat tingkat penyerapan gula dalam aliran darah. Daftar buah-buahan terbaik untuk penderita diabetes

Buah-buahan terbaik dan sehat untuk penderita diabetes tercantum di bawah ini:

1. Alpukat

Alpukat dianggap sebagai salah satu buah super diabetes. Mereka kaya akan berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral. Mereka adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik, dan memiliki kandungan gula yang rendah. Mereka juga merupakan sumber energi dan serat makanan yang sangat baik.

2. Apel

Apel adalah salah satu buah tersehat yang bisa dimakan seseorang. Mereka tinggi serat dan vitamin C, dan juga rendah kalori, hanya memiliki sedikit natrium, dan tidak mengandung lemak atau kolesterol. Mereka juga sangat kaya akan antioksidan penting yang dapat membantu mengendalikan diabetes.

3. Jeruk

Jeruk juga merupakan salah satu buah terbaik yang bisa dimakan oleh penderita diabetes. Jeruk, terutama jeruk pusar memiliki indeks glikemik rendah dan memberikan nutrisi penting yang sehat seperti kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin.  Mereka mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi, yang membantu mengontrol kadar gula darah. Mereka juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang signifikan. Bagi penderita pra-diabetes, jeruk pusar dianggap sebagai pilihan terbaik dalam buah-buahan karena membantu mengurangi risiko diabetes tipe-2.

4. Stroberi

Stroberi sebagai salah satu buah untuk diabetes memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga menjadi pilihan alami bagi penderita diabetes. Stroberi mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe-2.  Keuntungan lain dari makan stroberi adalah mengandung lebih sedikit karbohidrat dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya.

5. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah dengan indeks glikemik rendah dan kandungan serat tinggi. Makan jambu biji menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan juga memberikan energi. Jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin terkaya yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Jambu biji juga membantu meringankan sembelit, yang merupakan keluhan diabetes umum dan bahkan dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe-2.

6. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah salah satu buah terbaik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Karena serat dan fruktosa yang terdapat pada buah kiwi maka indeks glikemiknya sangat rendah, artinya memakan buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. 

Buah kiwi juga rendah kandungan lemak yang membantu menambah berat badan. Berat badan penderita diabetes perlu diatur setiap saat agar diabetesnya juga terkontrol. Buah kiwi juga kaya kalium dan antioksidan yang membantu melindungi pembuluh darah dan jantung.

7. Buah pir

Pir mengandung gula buah alami yang disebut "Levulose", yang menambah rasa manis buah dan gula buah ini mudah diubah menjadi energi pada penderita diabetes. 

Pir rendah kalori dan karbohidrat yang cocok untuk penderita diabetes. Pir adalah serat buah yang tinggi dan sangat membantu dalam menurunkan gula darah dan berat badan. Makan buah pir setiap hari dapat membantu mengontrol kadar gula darah sehingga penderita pra-diabetes tidak memerlukan obat.

Subscribe to receive free email updates: